Pelayanan Kesehatan Dan Beban Kerja Perawat Dengan Kepuasan Pasien Di Rumah Sakit X Pontianak

Nadia Rahmawati, Widia Widia, Yunita Dwi Anggreini

Abstract


Latar Belakang : Salah satu indikator keberhasilan pelayanan kesehatan adalah kepuasan pasien dan rendahnya beban kerja perawat. Perawat di dalam melakukan pekerjaannya memiliki tugas dan tanggung jawab yang sangat besar kepada pasien dan keluarganya, sehingga seorang perawat dituntut untuk profesional dalam melayani pasien, bila perawat memiliki beban kerja yang tinggi, maka dapat memberikan pengaruh yang besar terhadap pelayanan, sehingga tingkat kepuasan pasien terhadap pelayanan mengalami penurunan.

Tujuan : Mengetahui hubungan antara pelayanan kesehatan dan beban kerja perawat dengan kepuasan pasien di Rumah Sakit X Pontianak.

Metode : Penelitian ini menggunakan metode explanatory research dengan pendekatan Cross sectional dan menggunakan kuesioner sebagai alat pengumpulan data. Dalam penelitian ini menggunakan sampel sebanyak 59 pasien, dengan cara purposive sampling. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah pearson product moment.

Hasil : Hasil penelitian analisis diketahui hubungan pelayanan kesehatan dengan kepuasan pasien di Rumah Sakit X Pontianak dengan nilai signifikan (p=.000) < (0.05), maka Ha diterima ada hubungan antara pelayanan kesehatan dengan kepuasan pasien di rumah sakit. Sedangkan untuk hubungan beben kerja perawat dengan kepuasan pasien di peroleh nilai signifikan (p=-0.826) > (ɑ= 0.05), maka Ha ditolak yaitu tidak ada hubungan antara beban kerja perawat dengan kepuasan pasien di rumah sakit.

Kesimpulan: Dapat disimpukan bahwa ada hubungan korelasi antara pelayanan kesehatan dengan kepuasan pasien di rumah sakit sedangkan untuk variabel beban kerja perawat tidak ada ada hubungan korelasi dengan kepuasan pasien di Rumah Sakit X Pontianak.


Keywords


Pelayanan Kesehatan, Beban Kerja, Kepuasan Pasien.

Full Text:

PDF

References


Akbar, M. Agung. (2019). Buku Ajar Konsep-Konsep Dasar dalam Keperawatan Komunitas. Jakarta: Deepublish.

Anshori, M & Iswati, S. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif. Surabaya : Airlangga University Pres.

Anggraeni, D. M & Saryono. (2013). Metodelogi Penelitian Kualitatif dan Kuantitatif dalam Bidang Kesehatan. Yogyakarta: Nuha Medika.

Arikunto, Suharsimi. (2013). Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipata.

Arianai, Tutu April. (2018). Komunikasi Keperawatan. Jakarta: UMMPress.

Arifin, Choirul. (2017). “Hubungan beban Kerja dengan Kepuasan Kerja Perawat IGD di RSU Jombang”. Skripi. Ilmu Keperawatan. STIKes Insan Cendekia Medika. [ Diakses 8 Febrari 2020].

Febriani, Nufian& Dewi, Wayan. (2018). Teori dan Praktis: Riset Komunikasi Pemasaran Terpadu. Malang: UB Press.

Herlambang, Susatyo. (2016). Manajemen Pelayanan Kesehatan Rumah Sakit.Yogyakarta: Gosyen Publishing.

Irwandy. (2019). Efisiensi dan Produktifitas Rumah Sakit : Teori dan Aplikasi Pengukuran dengan Pendekatan Data Envelopment Analysis. Jakarta: CV. Social Politic Genius.

Mamik. (2017). Manajemen Mutu Pelayanan Kesehatan. Jakarta: Zifatama Jawara.

Marmir, Eka Febria. (2015). “Hubunga Beban Kerja dan Prilaku Caring Perawat Menurut Presepsi Pasien di IGD RS PKU Muhammadiyah Yokyakarta”. Skripsi. STIKes Aisyyah Yokyakarta. [ Diakses 8 februari 2020].

Morrison, P. &Burnard, P. (2009). Caring &Communicating: Hubungan Interpersonal Dalam Keperawatan. Jakarta: EGC.

Notoatmodjo,S. (2012). Metodologi Penelitian Kesehatan. Jakarta: Rineka Cipta.

Nusalam. (2015). Manajemen Keperawatan. Jakarta: Salemba Medika.

Nursalam. (2016). Metodologi Penelitian Ilmu Keperawatan: Pendekata Praktis. Ed. 4. Jakarta: Salemba Medika.

Praidi, Amri. (2019). “Hubungan Kualitas Pelayanan dengan Kepuasan Pasien Rawat Inap BPJS Kesehatan di RSUD Mandau”. Jurnal Menara Ilmu Vol. XIII No.1.[ Diakses 8 Februari 2020].

Potter& Perry. (2009). Fundamental Keperawatan. Edisi 7. Jakarta : Salemba Medika.

Purnomo, W & Bramantoro. (2018). Pengantar Metodologi Penelitian Bidang Kesehatan. Jawa Timur: Airlangga University Press.

Riyanto, Slamet, S.T., M.M. (2020). Metode Riset Penelitian Kuantitatif. Yogyakarta: Deepublish Publisher.

Ronal, Riandi. (2018). “Hubungan Mutu Pelayanan Kesehatan dengan Tingkat Kepuasan Pasien rawat jalan di Puskesmas Wonorejo”.Skripsi. Fakultas Ilmu Kesehatan Muhammadiyah KalTim. [ Diakses 8 Februari 2020].

Undang-Undang Nomor 44 tahun 2009 tentang Rumah Sakit. [Diakses 5 Februari 2020] tersedia pada: www.depkes.go.id.

Werdani, Yesiana Dwi Wahyu. (2016). Pengaruh Beban Mental Kerja Perawat Terhadap Tingkat Kepuasan Pasien di Ruang Rawat Inap RS Swasta di Surabaya. Jurnal Ners Lentera Vol. 4, No. 2, [ Diakses 8 Februari 2020 ].

Wulandari, Nofiati. (2015). “Hubungan Layanan Keperawatan dengan Kepuasan pasien Rawat Inap di RSD Semarang. Skripsi. Ilmu Kesehatan Masyarakat Universitas Negeri Semarang. [Diakses 11 Februari 2020].


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Khatulistiwa Nursing Journal

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.