Studi Kasus Pada Wanita Menopause dengan Nyeri Kronis di Wilayah Kerja UPT Puskesmas PERUMNAS II Pontianak

Dwi Anggraini, Diena Juliana

Abstract


Latar Belakang : Menopause  merupakan suatu gejala dalam kehidupan wanita yang ditandai dengan berhentinya siklus menstruasi dalam waktu satu tahun terakhir tidak mengalami menstruasi. Hal ini menyebabkan wanita menopause akan mengalami keluhan-keluhan fisik dan psikologis seperti, mudah marah, gejolak panas (hot flushes), nyeri sendi, kekeringan pada vagina. Keadaan ini bisa sangat mengganggu aktivitas wanita tersebut seiring dengan pertambahan usianya. Peristiwa tersebut dapat ditangani dengan melakukan terapi norfarmakologi dengan efek samping minimal seperti relaksasi otot progresif.

Tujuan : Menganalisis penerapan asuhan keperawatan dengan intervensi relaksasi otot progresif terhadap nyeri kronis pada wanita menopause di wilayah kerja UPT Puskesmas Perumnas II Pontianak.

Metode : Metode yang digunakan dalam penulisan karya ilmiah akhir menggunakan metode analisis kasus dengan penerapan relaksasi otot progresif secara daring, yaitu whatsapp dan zoom meeting.

Hasil : Hasil yang didapatkan setelah dilakukan intervensi adalah responden merasa terbantu dan mengikuti anjuran untuk melakukan relaksasi otot progresif demi mengatasi keluhannya.

Kata Kunci : Menopause, nyeri sendi, relaksasi otot progresif


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

JMK: Jurnal Mahasiswa Keperawatan

ISSN --- --- (print), 2830-1897 (online)
Email : jmk@ejournalyarsi.ac.id


JMK Indexed by:

   

Creative Commons License

JMK (Jurnal Mahasiswa Keperawatan) is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License


Visitor : Jurnal Mahasiswa Keperawatan