Pengaruh Video Pertolongan Pertama Kecelakaan Lalu Lintas Terhadap Pengetahuan dan Self Efficacy pada Komunitas Motor Di Kota Pontianak

Riki Saputra, Uti Rusdian Hidayat, Nurul Jamil

Abstract


Kecelakaan lalu lintas dimana terjadi kecelakaan di jalan raya yang mengakibatkan kecacatan dan kematian. Pasalnya, masih banyak tindakanpertolongan pertama yang tidak tepat pada korban kecelakaan lalu lintas. Upaya pencegahan dilakukan dengan meningkatkan pengetahuan dan self-efficacy anggota komunitas sepeda motor dengan memberikan pendidikan kesehatan melalui video pembelajaran tentang pertolongan pertama. Media video merupakan salah satu bentuk media pembelajaran audio visual untuk mendukung proses pembelajaran yang ditonton. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui pengaruh pendidikan kesehatan melalui video pembelajaran tentang pertolongan pertama terhadap pengetahuan dan efikasi diri anggota komunitas motorik. Penelitian ini menggunakan metode kuasi eksperimen dengan desain pretest dan posttest without control. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah metode purposive sampling dengan jumlah responden sebanyak 30 orang. Data dianalisis menggunakan Uji Wilcoxon. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada pengaruh penyuluhan kesehatan melalui video pembelajaran pertolongan pertama terhadap pengetahuan dan efikasi diri anggota komunitas sepeda motor dengan p:0,000. Kesimpulan penelitian video pembelajaran tentang pertolongan pertama dapat meningkatkan pengetahuan dan efikasi diri anggota komunitas sepeda motor dalam melakukan pertolongan pertama pada kecelakaan lalu lintas di Kota Pontianak. Saran bagi peneliti selanjutnya, melakukan penelitian pada responden dengan pasangan jenis kelamin laki-laki dan perempuan pada saat penelitian.


Keywords


Kecelakaan lalu lintas, Pengetahuan, Self efficacy, Video

Full Text:

PDF

References


Ahmadi, F. (2018). Media Literasi Sekolah. CV Pilar Nusantara.

Bandura, A. (2012). Cultivate self‐efficacy for personal and organizational effectiveness. Handbook of Principles of Organizational Behavior: Indispensable Knowledge for Evidence‐Based Management, 179–200.

Ditlantas. (2020). Jumlah Laka Lantas. Polda Kalbar.

Hayati, N., & Harianto, F. (2017). Hubungan Penggunaan Media Pembelajaran Audio Visual dengan Minat Peserta Didik pada Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMAN 1 Bangkinang Kota.

Al-Hikmah: Jurnal Agama Dan Ilmu Pengetahuan, 14(2), 160–180.

Kase, F. R., Prastiwi, S., & Sutriningsih, A. (2018). Hubungan Pengetahuan Masyarakat Awam Dengan Tindakan Awal Gawat Darurat Kecelakaan Lalulintas Di Kelurahan Tlogomas Kecamatan Lowokwaru Malang. Nursing News: Jurnal Ilmiah Keperawatan, 3(1).

Limbong, T., & Simarmata, J. (2020). Media dan Multimedia Pembelajaran : Teori dan Praktik. Yayasan Kita Menulis.

Maulana, H. D. J. (2009). Promosi Kesehatan. EGC.

Nafi’i, A. (2020). Kematangan Karier Peserta Didik Zaman Now. Deepublish.

Padhila, N. I. (2020). EFEKTIFITAS PELATIHAN P3K TERHADAP PENGETAHUAN ANAK DI SD PANAIKANG I KOTA MAKASSAR. Bina Generasi: Jurnal Kesehatan, 12(1), 30–35.

Pangabean, D. D., Ramadhani, I., & Irfandi. (2021). Pembuatan Media Video Pembelajaran Fisika SMA : Dengan Whiteboard Animation. CV Media Sains Indoensia. https://edeposit.perpusnas.go.id/collection/pembuatan-media-video-pembelajaran-fisika-sma-dengan-whiteboard-animation-sumber-elektronis/52319

Pati, T. M. (2015). Ilmu Kesehatan Masyarakat. Deepublish.

Pojokoto. (2020). Berdasarkan Data Ini Indonesia Peringkat Ke-3 Laka Lantas Di Dunia. Pojokoto. https://pojokoto.com/berdasarkan-data-ini-indonesia-peringkat-ke-3-laka-lantas-di-dunia/

Santosa, W. R. B., & Trisnain, A. N. S. (2019). Pengaruh pendidikan kesehatan pre-hospital stroke terhadap pengetahuan dan self-efficacy masyarakat dalam melakukan tindakan pertolongan pre-hospital stroke. Jurnal Gawat Darurat Volume 1 No 1 Juni 2019, Hal 31 - 38, 1(1), 31–38. http://journal.stikeskendal.ac.id/index.php/JGD/article/view/506/302

Sitorus, F. E., Girsang, R., Zuliawati, Z., & Nasution, W. (2020). Pengaruh Pendidikan Kesehatan Dengan Metode Audio Visual Terhadap Pengetahuan Pertolongan Pertama Pada Siswa Yang Mengalami Sinkop. Jurnal Keperawatan Dan Fisioterapi (Jkf), 2(2), 147–152.

Sobrino, J., & Shafi, S. (2013). Timing and causes of death after injuries. Baylor University Medical Center Proceedings, 26(2), 120–123.

Sumarlie, F. (2020). Perlindungan Hukum Dokter Spesialis Obstetri Dan Ginekologi : Kelebihan jam Pelayanan di Rumah Sakit. Scopindo Media Pustaka PT.

Supiyono. (2019). Prinsip Dasar Keselamatan Lalu Lintas Jalan Raya. Polinema Pres.

Susilawati, D. (2020). Konseling Inisiasi Menyusui Dini untuk Ibu Hamil. CV. Media Sains Indonesia.

Wulandari, N. A., & Setiyorini, E. (2018). Kemampuan pecinta trail adventure sebagai medical first responder pada korban kecelakaan. Jurnal Ners Dan Kebidanan (Journal of Ners and Midwifery), 5(3), 212–217.




DOI: https://doi.org/10.53399/knj.v5i1.127

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Riki Saputra, Uti Rusdian Hidayat, Nurul Jamil

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

PUBLISHED BY:

Institute of Managing and Publishing of Scientific Journals STIKes YARSI Pontaiank

Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Yayasan Rumah Sakit Islam (STIKes YARSI) Pontianak

ISSN 2655-772X (print), 2798-3897 (online)
Email : knj@ejournalyarsi.ac.id


KNJ Indexed by:

          


Creative Commons License
KNJ (Khatulistiwa Nursing Journal) is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

 

Web Analytics Khatulistiwa Nursing Journal