Upaya Meningkatkan Pengetahuan dan Keterampilan Ibu Tentang Penanganan Anak Tersedak Melalui Edukasi Audiovisual (Video)
Abstract
Latar Belakang: Di Indonesia masih terdapat kasus tersedak pada anak, hal ini merupakan hal yang mengkhawatirkan karena kecepatan dan ketepatan dalam penanganan tersedak diperlukan untuk mencegah terjadinya kematian, ditambah dengan kurangnya pengetahuan orang tua tentang penanganan tersedak, sehingga diperlukan upaya pencegahan dengan diberikan edukasi yang tepat seperti menggunakan media Audiovisual yang terbukti efektif dan efisien.Tujuan: Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan ibu tentang penanganan tersedak menggunakan audiovisual (video).Metode: Penelitian ini menggunakan desain penellitian pre eksperimental. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling dan yang memeneuhi kriteriasebanyak 99 responden. Instrumen yang digunakan adalah kuesioner tentang penanganan dan pencegahan tersedak, tools keterampilan penanganan tersedak dan video. Analisis data menggunakan Uji Wilcoxon dengan p value <0,05.Hasil: Berdasarkan hasil uji wilcoxon didapatkan pendidikan kesehatan tentang penanganan tersedak menggunakan audiovisual (video) berpengaruh signifikan terhadap tingkat pengetahuan dan tingkat keterampilan pada ibu dengan p value 0,000. Kesimpulan :Pendidikan kesehatan tentang penanganan tersedak menggunakan audiovisual (video) dapat meningkatkan pengetahuan dan keterampilan pada ibu.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Alhidayat, N.S., Handayani.D.W., & Alamsyah.(2022).Pengetahuan dan Keterampilan Bantuan Hidup Dasar pada Kasus Choking di SMP Negeri 3 Parangloe Satap Jenemadinging Kab.Gowa.Jurnal Pengabdian pada Masyarakat Volume 2 Nomor 1
Anisa, I. S., Dwilestari Puji Utami, R., & Sulistyawati, R. A. (2021). Pengaruh Penyuluhan Dengan Media Flashcard Terhadap Keterampilan Ibu Dalam Memberikan Pertolongan Pertama Pada Balita Tersedak Di Posyandu Balita Dukuh Kubukan. Jurnal Universitas Kusuma Husada, 47.
Aty, Y., & Kewa Deran, M. (2021). Literatur Review : Edukasi Penanganan Tersedak pada Anak. http://jkp.poltekkes-mataram.ac.id/index.php/bnj/index
Cahyono, Eko., Darsini., & Fahrurrozi.(2019). Pengetahuan. Jurnal Keperawatan (Vol. 12, Issue 1)
Danuri & Siti Maisaroh.(2019).Metodologi Penelitian.DI Yogyakarta:Penerbit Samudra Biru (Anggota IKAPI)
Dewiyanti, Kamriana, Zainuddin, Alwi, & Rahmadani, F. (2023). Pengaruh Edukasi Berbasis Video Terhadap Pengetahuan Balut Bidai Pertolongan Pertama Fraktur Tulang Pada Masyarakat Di Wilayah Kerja Puskesmas Polongbangkeng Selatan. Jurnal Ilmiah Keperawatan (Scientific Journal of Nursing), 9(1), 149–155. https://doi.org/10.33023/jikep.v9i1.1374
Dwiningrum, Y., & Fauzia, risca F. (2022). Efektivitas Video Edukasi Anemia Gizi Besi Terhadap Pengetahuan Remaja Putri Di Bantul. Jurnal Medika Indonesia, 1(1), 33–40.
Ernawati, Rini., Siti K.H., & Marjan W.(2021).Peningkatan Pengetahuan Dan Ketrampilan Guru Tk Aba Terhadap Tanggap Bahaya Tersedak (Choking). Journal of Community Engagement in Health 4(1), 188–194. https://doi.org/10.30994/jceh.v4i1.143
Harigustian, Yayang. (2020). Tingkat Pengetahuan Penanganan Tersedak Pada Ibu Yang Memiliki Balita di Perumahan Graha Sedayu Sejahtera Yayang Harigustian. In Jurnal Keperawatan (Vol. 12, Issue 3)
Lailasari, D. N. (2020). Pengaruh Pelatihan Pijat Bayi Terhadap Keterampilan Ibu Dalam Melakukan Pijat Bayi : Literature Review. Poltekkes Kemenkes Surakarta.
Lasmana, U. D. (2022). Pre-Hospital Life Saver.Tangerang Selatan:Pascal Books.
Maisarah & Kurniasih, D.(2020).Pertolongan Pertama Reaksi Sigap Menyelamatkan Nyawa.Sidoarjo:Zifatama Jawara
Mulyani, Indri & Nurul Fatwati Fitriana.(2020).Pengaruh Pemberian Edukasi Menggunakan Audiovisual (Video) pada Ibu Terhadap Pengetahuan Penanganan Tersedak Balita.Jurnal Keperawatan Muhammadiyah Bengkulu, Volume 08 Nomor 02. https://doi.org/10.36085/jkmu.v8i2.885.g804
Ningsih, U. M., & Baiq Kirana Kitna Yusarti. (2020). Peningkatan Keterampilan Ibu dalam Penanganan Tersedak pada Bayi dan Anak. Jurnal Pengamas Kesehatan Sasambo. 1(2), 95–102.
Nurjanah, D. S., & Suparti, S. (2022). Pengaruh Edukasi Bantuan Hidup Dasar dengan Media Audio Visual terhadap Pengetahuan Pengawas Kolam Renang di Kabupaten Purbalingga. Falatehan Health Journal, 9(1), 1–7.
Nurjannah, M., & Astuti,. (2021). Pengaruh Penyuluhan Kesehatan Terhadap Peningkatan Pengetahuan Tentang Pertolongan Tersedak Di Masyarakat. In Husada Mahakam : Jurnal Kesehatan (Vol. 11, Issue 2).
Nurjannah, M., & Astuti, Z. (2022). Penyuluhan Kesehatan Pertolongan Tersedak Untuk Orang Awam di Era Pandemi Covid-19. Jurnal Kreativitas Pengabdian kepada Masyarakat (PKM), 5(2), 607–614. https://doi.org/10.33024/jkpm.v5i2.5530
Nurmala Ira., Fauzie Rahman., Adi N., Neka E., Nur L., & Vina Y.A. (2018). Promosi Kesehatan.Surabaya: Airlangga University Press
Wahyuni, Dwi., Deni Y., Sriyono., Yulis S.D., Ninuk D.K., Nadia R.L., Hakim Z., Arina Q.(2019). Pemberdayaan Masyarakat (Guru dan Orang Tua) Tanggap Bahaya Tersedak di KB-TK Khadijah Surabaya.
Wulandari, U. N., & Kris Linggardini. (2023). Pengaruh Pendidikan Kesehatan Dengan Media Video Animasi Terhadap Pengetahuan Dan Keterampilan Anak Dalam Menggosok Gigi. Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 4, 1349–1358.
Sulistiana., Dian R. A., & Sekani N.(2019).Pengalaman Ibu dalam Penanganan Tersedak pada Bayi. Al-Asalmiyah Nursing (Vol 8, Issue 2). http://jurnal.alinsyirah.ac.id/index.php/keperawatan
Pandegirot, J. S., Posangi J., & Masi, G. N. M. (2019). Pengaruh Penyuluhan Kesehatan tentang Penanganan Tersedak Terhadap Pengetahuan Ibu Menyusui. Jurnal Keperawatan (JKp), Volume 7 Nomor (2).
Prasetia, I. (2022). Metodologi Penelitian Pendekatan Teori dan Praktik (Akrim & E. Sulasmi, Eds.; Pertama). Umsu Press. https://www.google.co.id/books/edition/Metodologi_Penelitian_Pendekatan_Teori_d/CaeBEAAAQBAJ?hl=id&gbpv=1&dq=skala+ukur+likert&pg=PT60&printsec=frontcover
Panji N, Prasetyo.(2019).Pengaruh Edukasi Penanganan Tersedak pada Balita dengan Media Aplikasi Android terhadap Pengetahuan Orang Tua di Paud Tunas Mulia Kelurahan Sumbersari
Pediatrics, A. A. (2018). Choking Prevention and First Aid for Infant and Children
Rahayu, S. F., & Anggeriyane, E. (2022). Pelatihan Pertolongan Pertama Pada Anak Tersedak (Choking) di Madrasah Ibtidaiyah Al Furqan Muhammadiyah Cabang 3 Banjarmasin.Jurnal Kreativitas Pengabdian kepada Masyarakat (PKM), 1(1), 49–54. https://doi.org/10.33024/jkpm.v1i1.5259
Ramadhini, D., Siregar, Y. F., & Salnisah. (2019). Gambaran Pengetahuan Ibu dalam Menstimulasi Perkembangan Motorik Anak Toddler. J. Jurnal Kesehatan Ilmiah Indonesia, 4(2), 16–21.
Rangga Tanari, G., Herland Eksakta de Fretes, F., & Sambo, M.,. (2020). Dampak Edukasi Menggunakan Media Audio Visual Terhadap Pengetahuan Dan Keterampilan Mencuci Tangan Anak. Jurnal Keperawatan Florence Nightingale (JKFN), 3(1), 1–6. https://doi.org/10.52774/jkfn.v3i1.44
Rasman, R., Setioputro, S., & Adi Yunanto, R. (2022). Pengaruh Pendidikan Kesehatan Pertolongan Pertama Tersedak pada Balita dengan Media Audio Visual terhadap Self Efficacy Ibu Balita. Jurnal Ners Volume 6 Nomor 1 http://journal.universitaspahlawan.ac.id/index.php/ners
Saputro, K. A., Sari, C. K., & Winarsi, S. (2021).Peningkatan Keterampilan Membaca Dengan Menggunakan Media Audio Visual Di Sekolah Dasar. Edukatif:Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(5), 1910–1917. https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i5.690
Sari, D. P., & Ratnawati, D. (2020). Pendidikan Kesehatan Meningkatkan Tingkat Pengetahuan dan Sikap Ibu dalam Merawat Balita dengan ISPA. Jurnal Ilmiah Ilmu Keperawatan Indonesia, 10(02), 1–7. https://doi.org/10.33221/jiiki.v10i02.578
Setiana, A. & R. N. (2018). Riset Keperawatan.Jawa Barat:LovRinz Publishing.
Sheylla, Margaretta, S., & Isnaeni, E. (2022). TSCNers 73 Training For Increasing Parents’ Knowledge and Skills In Handling Of Choking In Infants. In Journal of TSCNers (Vol. 7, Issue 1). http://ejournal.annurpurwodadi.ac.id/index.php/
Siahaan, E. R. (2019). Hubungan Pengetahuan Heimlich Manuver pada Ibu dengan Keterampilan Penanganan Anak Toddler yang Mengalami Chocking. Jurnal Skolastik Keperawatan, 5(2).
Siregar, P. A., Reni A. H., & Zuhrina, A. (2020). Promosi Kesehatan Lanjutan Dalam Teori dan Aplikasi. Prenada Media.
Siwi, C. T. M., Utami, J. N. W., & Astuti, T. (2019). Pengaruh Pendidikan Kesehatan Remaja Melalui Media Video Terhadap Pengetahuan Siswa Tentang Dampak Seks Bebas. SEAJOM: The Southeast Asia Journal of Midwifery, 5(2), 64–68. https://doi.org/10.36749/seajom.v5i2.70
Suartini, E.(2020).Pengaruh Pendidikan Kesehatan Pertolongan Pertama Tersedak dengan Google Form dan Phantom pada Orang Tua di TK Taman Sukaria Terhadap Kemampuan Keluarga. In Medikes (Media Informasi Kesehatan) (Vol. 7, Issue 2).
Sugiyanti, Iriami Mintaningtyas, S., Pihahey, P. J., & Iryani, D. (2022). Pengaruh Edukasi Media Video Terhadap Peningkatan Pengetahuan Mahasiswi Tentang Pijat Oksitosin Pada Ibu Nifas. Jurnal Kebidanan Sorong, 2(2), 2807–7059.
Sumartini, N. P., Salsabila, W., & Purnamawati, D. (2021). Pengaruh Edukasi Dengan Video Tutorial Terhadap Pengetahuan Dan Keterampilan Siswa Dalam Melakukan Basic Life Support Di Pondok Pesantren Nurul Ilmi Ranggagata. Jurnal Keperawatan Terpadu (Integrated Nursing Journal), 3(2), 20. https://doi.org/10.32807/jkt.v3i2.196
Sulistiyani, A., & Ramdani, M. L. (2020). Pengaruh Pendidikan Kesehatan dengan Media Booklet tentang Penanganan Tersedak pada Anak terhadap Tingkat Pengetahuan Kader Posyandu di Desa Karangsari. In Jurnal Ilmiah Keperawatan Indonesia (Vol. 4, Issue 1). http://jurnal.umt.ac.id/index.php/jik/index
Supliyani, E., & Djamilus, F. (2021). Efektifitas Media Video Tutorial Penatalaksanaan Asi Ekslusif Terhadap Keterampilan Ibu Dalam Menyusui. Jurnal Riset Kesehatan Poltekkes Depkes Bandung, 13(1), 143–151. https://doi.org/10.34011/juriskesbdg.v13i1.1877
Syahlani, Achmad, & Setyorini, D. (2021). Pengembangan Instrumen Minat Belajar Matematika (Non Tes Skala Likert).Jurnal Akbar Juara (Vol. 6 No. 1)
Tanari, Gelvin Rangga., Frendhy H.E.d.F., & Mery S.(2020).Dampak Edukasi Menggunakan Media Audio Visual Terhadap Pengetahuan dan Keterampilan Mencuci Tangan Anak. Jurnal Keperawatan Florence Nightingale (JKFN) 3(1), 1-6. https://doi.org/10.52774/jkfn.v3il.44
Tim Pokja SDKI DPP PPNI, (2016), Standar Diagnosis Keperawatan Indonesia (SDKI), Edisi 1, Jakarta, Persatuan Perawat Indonesia
Umar, E., Fitriani, A., Fitriani, W., Agustin, A., Artyasfati, T., & Aini, N. (2022). Pertolongan Pertama Pada Anak Tersedak Secara Mandiri Di Rumah. Jurnal Pengabdian Dan Pengembangan Masyarakat Indonesia, 1(1), 27–29. https://doi.org/10.56303/jppmi.v1i1.23
Veniawati, O., Rahmawati, E., & Susmarini, D. (2020). Efek Video Perawatan Bayi Berat Lahir Rendah Saat Discharge Planning terhadap Keterampilan Orang Tua. Journal of Bionursing, 2(1), 28–32. https://doi.org/10.20884/1.bion.2020.2.1.34
Yusup, Febrianawati.(2018).Uji Validitas dan Reliabilitas Instrumen Penelitian Kuantitatif. Jurnal Tarbiyah: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 7(1), 17–23
DOI: https://doi.org/10.53399/knj.v5i2.217
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2023 Khatulistiwa Nursing Journal
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
PUBLISHED BY:
Institute of Research and Community Service, College of Health Sciences of the Pontianak Islamic Hospital Foundation
ISSN 2655-772X (print), 2798-3897 (online)
Email : knj@ejournalyarsi.ac.id
KNJ Indexed by:
KNJ (Khatulistiwa Nursing Journal) is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.