Efektivitas Metode Buzz Group Dalam Meningkatkan Pengetahuan Kader Tentang Rendam Kaki Air Jahe Hangat Pada Pasien Hipertensi
Abstract
Latar Belakang: Pendidikan kesehatan memiliki beberapa metode, salah satunya metode diskusi yang disebut buzz group. Metode ini mempunyai banyak keuntungan salah satunya mendorong anggota yang kurang aktif menjadi aktif, menciptakan suasana acara yang menyenangkan dan efisien. Sehingga perlu dikaji apakah metodebuzz group saat melakukan pendidikan kesehatan dapat meningkatkan pengetahuan kader kesehatan. Tujuan: Mendapatkan gambaran efektifitas pendidikan kesehatan dengan metode buzz group terhadap tingkat pengetahuan kader kesehatan dalam menangani hipertensi di kelurahan mojosongo. Metode: Desain penelitian yang digunakan adalah pre eksperiment dengan menggunakan rancangan penelitian one group pre-test and post-test design without control. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik total populasi sejumlah 50 responden. Instrumen yang digunakan adalah kuesioner yang telah di uji validitas dan uji reliabilitas oleh peneliti. Analisis data menggunakan Uji Shapiro Wilk dan juga menggunakan Uji Wilcoxon dengan nilai p-value <0,05. Hasil: Analisis data Uji Normalitas menggunakan Uji Shapiro Wilk menunjukan p-value 0,000. Uji Wilcoxon pada pre post test menunjukan p value 0,000. Kesimpulan: Untuk meningkatkan pengetahuan kader dapat menggunakan metode buzz group efektif.
Full Text:
PDFReferences
Alitonang, W. M. (2020). Analysis Of Application Of Discharge Planning In Hypertension Patients On Patient Satisfaction Level. Journal of Applied Nursing and Health, 2(1), 16–21. https://doi.org/10.55018/janh.v2i1.88.
Fauzia, F. (2019). DiSKuSi BuZZ gRouP KAiTAnnyA DengAn PengeTAhuAn DAn SiKAP SuAmi iBu hAmil TenTAng TAnDA BAhAyA KehAmilAn. S 1 Kebidanan, 4(2).
Herlinawati, & Pujianti. (2019). Faktor-faktor yang Berhubungan Dengan Kader Posyandi. Jurnal Kesehatan, 10(1), 51–58.
Heru, S. A. (1995). Kader Kesehatan Masyarakat. Penerbit Buku Kedokteran EGC.
Ikromah, J. N., Asmaningrum, N., & Sulistyorini, L. (2015). Perbedaan Metode Buzz Group Discussion dengan Ceramah Audiovisual terhadap Tingkat Pendidikan Warga Binaan tentang HIV/AIDS di Lembaga Pemasyarakatan Klas IIA Kabupaten Jember (The Differences between Using Buzz Group Discussion Method and Audiovisual Lec. Pustaka Kesehatan, 3(1), 82–88.
Kurniawan, A., Widodo, A., & Kep, A. (2017). Hubungan tingkat pengetahuan dan efikasi diri dengan pelayanan kader posyandu lansia di desa mancasan kecamatan baki. Universitas Muhammadiyah Surakarta.
Limbun, F. (2019). Pengaruh Pendidikan Kesehatan Dengan Metode Buzz Group Terhadap Pengetahuan Remaja Tentang Pernikahan Usia Muda Di SMPN 1 Bandungan. Universitas Ngudi Waluyo.
Margiyati, M., & Wulan Sari, N. (2023). Pemberdayaan Caregiver Keluarga Berbasis Online Dalam Perawatan Lansia Dengan Hipertensi Di Era Pandemi COVID 19. Jurnal Abdi Kesehatan Dan Kedokteran, 2(1 SE-Articles), 84–91. https://doi.org/10.55018/jakk.v2i1.32.
Milaningrum, E., & Mulyanto, S. (2016). The Effectiveness Of Buzz Groups Method To Teach Reading Comprehension Viewed From Students’ Learning Motivation (An Experimental Study At The Mechanical Engineering Department Students Of Balikpapan State Polytechnic). JST (Jurnal Sains Terapan), 2(2).
Mulyo, D. (2020). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Kejadian Hipertensi Pada Ibu Hamil Di Puskesmas Wilayah Kota Semarang. Universitas Islam Sultan Agung Semarang.
Notoadmodjo, S. (2010). Promosi Kesehatan dan Ilmu Perilaku. Rineka Cipta.
Notoadmodjo, S. (2012). Metodologi Penelitian Kesehatan. Rineka Cipta.
Nurahmandani, A. R., Hartati, E., & Supriyono, M. (2016). Efektivitas Pemberian Terapi Rendam Kaki Air Jahe Hangat Terhadap Penurunan Tekanan Darah Pada Lansia Dengan Hipertensi Di Panti Werdha Pucang Gading Semarang. Karya Ilmiah.
Nurpratiwi, N., Hidayat, U. R., & Putri, S. B. (2021). Rendam Kaki Air Hangat Jahe Dalam Menurunkan Tekanan Darah Pada Pasien Hipertensi. Khatulistiwa Nursing Journal, 3(1). https://doi.org/10.53399/knj.v3i1.55.
Parmana, T. P., & Siringoringo, E. (2020). Rendam Kaki Dengan Air Hangat Terhadap Tekanan Darah Pada Pasien Hipertensi. Jurnal Kesehatan Panrita Husada, 5(1), 9–17.
Rispawati, B. H., Ernawati, Supriyadi, Riskawaty, H. M., & Halid, S. (2023). Pelaksanaan Pengabdian Masyarakat Tentang Kejadian Hipertensi Pada Masyarakat Pesisir Di Kelurahan Bintaro Wilayah Kerja Puskesmas Ampenan. Jurnal Abdi Kesehatan Dan Kedokteran, 2(1), 19–24. https://doi.org/10.55018/jakk.v2i1.11.
Setyaningrum, H. D., & Saparinto, C. (2013). Jahe. Penebar Swadaya.
Sunartono, S. (2021). Multimedia Quality About Risk Dating As A Youth Health Promotion Media. Journal of Applied Nursing and Health, 3(2 SE-Articles), 34–39. https://doi.org/10.55018/janh.v3i2.4.
Suryani, L. (2019). Effectiveness Of Home Visit On Drug Compliance In Adult Hipertens In Gadung Puskesmas Buol District. Journal of Applied Nursing and Health, 1(1 SE-Articles), 1–5. https://janh.candle.or.id/index.php/janh/article/view/75
Wardani, H. K., Nurmala, E. Y. I., & Ardiansyah, F. (2018). Pengaruh Metode Buzz Group terhadap Tingkat Pengetahuan tentang Pencegahan Anemia pada Remaja di SMK Kendedes Malang. Kendedes Midwifery Journal, 2(2), 1–10.
DOI: https://doi.org/10.53399/knj.v6i1.246
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2024 Khatulistiwa Nursing Journal
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
PUBLISHED BY:
Institute of Research and Community Service, College of Health Sciences of the Pontianak Islamic Hospital Foundation
ISSN 2655-772X (print), 2798-3897 (online)
Email : knj@ejournalyarsi.ac.id
KNJ Indexed by:
KNJ (Khatulistiwa Nursing Journal) is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.