Hubungan Kejenuhan Belajar (Learning Burn Out) Dengan Prodromal Early Psychosis Pada Remaja Kota Pontianak

Islamiati Islamiati, Florensa Florensa, Fajar Yousriatin

Abstract


Latar Belakang: Gangguan psikosis merupakan salah satu bentuk gangguan jiwa, yang dapat mengganggu banyak fungsi seperti kejiwaan, perkembangan saraf, neorologis dan medis. Psikosis ini sudah timbul pada masa kanak-kanak atau remaja yang menderita psikosis awal terjadi pada usia 15-20 tahun. Meningkatnya kejenuhan belajar (learning burnout) di kalangan remaja Kota Pontianak seperti yang sudah dipaparkan diatas, yang berpotensi menjadi faktor risiko munculnya gejala prodromal early psychosis. Kondisi ini, jika tidak diidentifikasi dan ditangani sejak dini, dapat mengarah pada gangguan mental yang lebih serius, sehingga memerlukan perhatian mendesak untuk mencegah dampak jangka panjang terhadap kesejahteraan mental dan perkembangan remaja. Tujuan: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran antara kejenuhan belajar dengan prodromal early psychosis pada remaja Kota Pontianak. Metode: Penelitian kuantitatif dengan desain deskriptif menggunakan pendekatan cross sectional. Penentuan sampel menggunakan teknik simple random sampling dengan jumlah sampel sebanyak 111 siswa. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini adalah metode angket. Hasil: Remaja yang mengalami prodromal early psychosis dalam kategori tidak prodromal sebanyak 14 orang persentase (12,6%) dan prodromal sebanyak 97 orang persentase (87,4%). Kejenuhan belajar remaja dengan kategori rendah sebaganyak 89 orang persentase (80,2%), dan tinggi sebanyak 22 orang (19,8%). Kesimpulan: Hasil penelitian menunjukkan bahwa jenis kelamin responden yang terbanyak yaitu perempuan sebanyak 104 orang (94.6%). Dan karakteristik usia menunjukan usia rata-rata responden usia 15 tahun (100%). Hasil analisis univariat kejenuhan belajar dan prodroma early psychosis, pada variabel kejenuhan belajar dengan kategori rendah sebanyak 89 orang (80,2%), Sedangkan variabel prodroma early psychosis diketahui sebanyak 97 orang (87,4%) memperlihatkan adanya prodromal early psychosis. Saran: berdasarkan hasil dari penelitian ini agar dilakukan penelitian lebih lanjut untuk mengidentifikasi faktor-faktor yang berhubungan terhadap learning burn out yang mungkin memicu gejala prodromal psikosis pada remaja, serta dilakukan penelitian yang lebih mendalam untuk memahami hubungan sebab-akibat antara learning burn out dan perkembangan psikosis di masa depan.

Full Text:

PDF 74-82

References


Al-Qawi, A. A. (2004). Mengatasi Kejenuhan. Jakarta: Khalifa.

Chairina, R. R. L. (2019). Analisis Manajemen Sumber Daya Manusia. Sidoarjo: Zifatama Jawara.

Creswell, J. W. (2009). Research Design: Qualitative, Quantitative, and Mixed Methods Approaches (4th Editio). SAGE Publication.

Dwi, E. (2019). Dinamika Psikologis Kasus Individu dengan Schizophrenia Paranoid Tipe Residual. Psikologia: Jurnal Psikologi, 4(1), 1–13.

Health Mental Unit Consultation. (2000). Early Identification of Psychosis. 1–16.

Hidayat, A. A. (2014). Metode penelitian keperawatan dan teknis analisis data. Jakarta: Salemba Medika.

Juhnisa, E., & Fitria, Y. (2020). Pengaruh beban kerja terhadap burnout karyawan pada PT PLN (persero) dengan dukungan sosial sebagai variabel pemediasi. Jurnal Kajian Manajemen dan Wirausaha, 2(4), 168. https://doi.org/10.24036/jkmw02100350.

Kalalo, R. T. (2020). Pentingnya Deteksi Dini Early Psychosis Pada Remaja ’. Prosiding Pendidikan Kedokteran Berkelanjutan Psikiatri. (February 2018).

Khasanah, K. (2019). Peta Konsep sebagai Strategi Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Edutrained : Jurnal Pendidikan dan Pelatihan, 3(2), 152–164. https://doi.org/10.37730/edutrained.v3i2.8.

McClellan, J. (2018). Psychosis in Children and Adolescents. Journal of the American Academy of Child and Adolescent Psychiatry, 57(5), 308–312. https://doi.org/10.1016/j.jaac.2018.01.021.

Mheccu. (2000). Early Identification of Psychosis. 1–16.

Morissan. (2012). Metode Penelitian Survey. Jakarta: Prenada Media Group.

Notoatmodjo. (2012). Metode Penelitian Kesehatan. Jakarta: Rineka Cipta.

Pusat Data dan Informasi Kementerian Kesehatan RI. (2019). Situasi Kesehatan Jiwa Di Indonesia. InfoDATIN, hal. 12.

Putri, A. N., & Yuniar, S. (2020). Intervensi pada Populasi Risiko Tinggi Skizofrenia, Perlukah? Jurnal Psikiatri Surabaya, 8(1), 14. https://doi.org/10.20473/jps.v8i1.14740.

Sekarbuana, M. W., Setyawati I Gusti Agung Alit, & Pascarani, ni N. D. (2017). Strategi Manajemen Krisis Public Relations PT . Angkasa Pura I Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai Bali dalam Menghadapi Dampak Erupsi Gunung Agung 2017. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Udayana, 1–12.

Simbolon, D. S. (2019). Pengaruh Pembelajaran Menggunakan Peta Konsep Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Pada Pokok Bahasan Pangkat Rasional Kelas X SMA Negeri 1 Ajibata Sumatera Utara. prosiding SiManTap: Seminar Nasional Matematika dan Terapan, 1, 199–206.

Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Suharsimi Arikunto. (2013). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Sulistiowati, N. M. D., Keliat, B. A., Besral, & Wakhid, A. (2020). Factors associated with episode of prodrome among junior high school students in Bali: Results from a population based study. Enfermeria Clinica, 30, 37–41. https://doi.org/10.1016/j.enfcli.2019.09.022.

Sumaryono, Kadiyono, A. L., Harding, D., Budiarto, A., Gunawan, G., Pratiwi, E. A., … Prameswar, Y. (2021). Sumbangsih Asosiasi Psikologi Industri Pendampingan UMKM Dan Kewirausahaan. Malang: Literasi Nusantara Abadi.

Sutiono. (2019). PERILAKU MEROKOK PADA REMAJA. Journal of Holistic and Traditional Medicine, 3(3), 292–300.

Taufik, Ifdil, & Ardi, Z. (2013). Kondisi Stres Akademik Siswa SMA Negeri di Kota Padang IICE-Multikarya Kons (Padang-Indonesia) dan IKI-Ikatan Konselor Indonesia-All Rights Reserved Indonesian Institute for Counseling and Education (IICE) Multikarya Kons. Jurnal Konseling dan Pendidikan, 1(2), 143–150.

Townsend, M. C. (2009). Psychiatric Mental Healt Nursing: Concepts of Care in Evidence-Based Practice. Philadelphia: F.A. Davis.

Yang, L., & Lian, R. (2015). Current Studies and Prospects of Learning Burnout. Journal of Jimei University (Education Science Edition), 8(2).

Zaluchu, S. E. (2021). Metode Penelitian di dalam Manuskrip Jurnal Ilmiah Keagamaan. Jurnal Teologi Berita Hidup, 3(2), 6.




DOI: https://doi.org/10.53399/knj.v5i2.254

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Khatulistiwa Nursing Journal

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

PUBLISHED BY:

Institute of Research and Community Service, College of Health Sciences of the Pontianak Islamic Hospital Foundation

ISSN 2655-772X (print), 2798-3897 (online)
Email : knj@ejournalyarsi.ac.id


KNJ Indexed by:

          


Creative Commons License
KNJ (Khatulistiwa Nursing Journal) is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

 

Web Analytics Khatulistiwa Nursing Journal