Meningkatkankan Keterampilan Cuci Tangan Siswa SD Menggunakan Media Audio Visual Dalam Upaya Pencegahan Diare
Abstract
Latar Belakang. Penyakit diare merupakan gangguan Buang Air Besar (BAB) ditandai dengan BAB lebih dari 3 kali sehari dengan konsistensi tinja cair, dapat disertai dengan darah. Salah satu upaya yang dapat dilakukan untuk mencegah diare yaitu dengan memberikan Pendidikan Kesehatan.Tujuan Penelitian. Mengetahui pengaruh pendidikan kesehatan cuci tangan dengan menggunakan media audio visual terhadap keterampilan pencegahan diare pada siswa SD. Metode Penelitian. Penelitian ini menggunakan jenis kuantitatif dan desain penelitian quasi eksperimen dengan metode pretest-posttest without control one group design. Besar sampel penelitian ini sebanyak 51 responden dihitung mengunakan metode purposive sampling. Hasil Penelitian. Hasil uji Wilcoxon, dengan nilai p 0,000 (p Kurang dari 0,05) sehingga terdapat pengaruh pendidikan kesehatan cuci tangan dengan menggunakan media audio visual terhadap keterampilan pencegahan diare pada siswa SD. Kesimpulan. Terdapat pengaruh pendidikan kesehatan cuci tangan dengan menggunakan media audio visual terhadap keterampilan pencegahan diare pada siswa SD. Saran. Agar dapat mengaplikasikan praktik cuci tangan dengan meningkatkan keterampilan pencegahan diare.
Keywords
Full Text:
PDF 1-7References
Ana. (2015). Cara mencuci tangan yang benar dan steril. Retrieved from https://ejournal3.undip.ac.id/index.php/medico/index.Diakses pada10Mei2018pukul13.45.
Arikunto, Suharsini. (2016).Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara..
Assidiq. (2019). Pengaruh modeling media video cuci tangan terhadap kemampuan cuci tangan pada siswa kelas 4 di SD Wonosari 02 Mangkang Semarang.
Bahiyatun. (2011). Psikologi Ibu & Anak. Jakarta : EGC
Benita. (2012). pengaruh pendidikan kesehatan terhadap tingkat kesehatan. 1,28-35. Retrieved from https://ejournal3.undip.ac.id/index.php/medico/index. Diakses pada15April2019pukul14.45.
Dahlan, S. (2013). Statistic untuk Kedokteran dan Kesehatan. Jakarta : Salemba Medika
Departemen Kesehatan RI. (2018). Riset Kesehatan Dasar. Jakarta : Departemen Kesehatan RI https://drive.google.com/file/d/1Vpf3ntFMm3A78S8Xlan2MHxbQhqyMV 5i/view.
Duludu, U. (2017). Buku Ajar Kurikulum Bahasa dan Media Pembelajaran PLS. Yogyakarta : Deepublish
Effendi, N. (2012). Dasar-dasar keperawatan kesehatan masyarakat. Jakarta : EGC
Hapsari, I. (2016). Psikologi Perkembangan Anak. Jakarta Barat : PT Indeks
Hidayat, A. (2015). Riset Keperawatan dan Teknik Penulisan Ilmiah Edisi 3. Jakarta: Salemba Medika
Kementerian Kesehatan Republik Indonesia. (2014). Perilaku Mencuci Tangan Pakai Sabun di Indonesia. Diakses 15 Maret 2016 www.depkes.go.id/resources/download/pusdatin/infodatin/infodatinctps.pdf
Kementerian Kesehatan Republik Indonesia. (2017). Profil Kesehatan Kabupaten Klaten Tahun 2017. P. 31.
Kementerian Kesehatan Republik Indonesia. (2018). Hari cuci tangan sedunia. Jakarta: Kemenkes
Kurnia, E. (2014). Pengaruh Pendidikan Kesehatan Dengan Media Audio Visual Terhadap Perilaku Hidup Bersih Dan Sehat (PHBS) Pada Siswa Kelas III-V di SD Negeri Wanurejo Kemiri Purworejo. Stikes ‘Aisyiyah Yogyakarta. Diakses 25 Februari 2014
https://digilib.unisayogya.ac.id/592/
Lestari, T. (2016). Asuhan Keperawatan Anak. Yogyakarta : Nuha Medika
Lindayati, N. L. N. (2012). Pengaruh Edukasi Dengan Metode Demonstrasi Cuci Tangan Terhadap Perilaku Penunggu Pasien Untuk Melakukan Cuci Tangan Dengan Benar.http://www.sanglahhospitalbali.com/v1/penelitian.php?id=69 Diakses 4 Juni 2015
Lufianti, A. (2010) Perbedaan pengaruh pembelajaran perawatan payudara (Breast Care) dengan Video Compact Disc (VCD) dibandingkan dengan phantom terhadap pengetahuan dan motivasi belajar pada mahasiswa DIII Keperawatan Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan An-Nur Purwodadi. Thesis. Universitas Sebelas Maret. Tidak dipublikasikan.
Mubarak, Indrawati & Susanto. (2015). Buku Ajar Ilmu Keperawatan dasar. Jakarta : Salemba Medika.
Nurdiyaningsih, F. (2012). Pengaruh Pembelajaran Tentang Restrain Tali kepada Mahasiswa Praktek Kinik Keperawatan Jiwa Terhadap Keterampilan Mahasiswa Dalam Melakukan Restrain Pada Pasien Skizofrenia Dengan Perilaku Kekerasan di IGD RS Grhasia Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta. Surakarta. Poltekkes. Skripsi. Diakses pada 19 September 2019
Nursalam. (2016). Metodologi Penelitian Ilmu Keperawatan Pendekatan Praktis, Ed. 4. Jakarta : Salemba Medika
Notoatmodjo, S. (2010). Promosi Kesehatan Teori & Aplikasi. Jakarta : Rineka Cipta
Sahlan, A. (2018). Mendidik Perspektif Psikologi. Yogyakarta : Deepublish
Suyanto. (2011). Metodologi dan Aplikasi Penelitian Keperawatan. Yogyakarta : Nuha Medika
Susanto, A. (2013). Teori Belajar & Pembelajaran di Sekolah Dasar: Jaka Prenadamedia Group
Wati, R. (2011). Pengaruh Pemberian Penyuluhan PHBS tentang Mencuci Tangan terhadap Pengetahuan dan Sikap Mencuci Tangan pada Siswa Kelas V di SDN Bulukantil Surakarta. In Perpustakaan UNS. https://eprints.uns.ac.id/6069/
Wawan, A. Dewi M. (2019). Pengetahuan, Sikap, dan Perilaku Manusia. Yogyakarta: Nuha Medika
WHO. (2017). Inear healing at home. Jakarta: Gramedia
Zakariya, N.Y. (2013). Pengaruh Pelatihan Cuci Tangan Bersih dengan Metode Bermain Puzzle terhadap Kemampuan Melakukan Cuci Tangan Anak Tunagrahita di SDLB-C TPA Kabupaten Jember. Universitas Jember, Jember. Diakses 16 Maret 2016,
http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/3292
DOI: https://doi.org/10.53399/knj.v3i2.78
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2021 Khatulistiwa Nursing Journal

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
PUBLISHED BY:
Institute of Research and Community Service, College of Health Sciences of the Pontianak Islamic Hospital Foundation
ISSN 2655-772X (print), 2798-3897 (online)
Email : knj@ejournalyarsi.ac.id
KNJ Indexed by:
KNJ (Khatulistiwa Nursing Journal) is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.