Gambaran Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Konsep Diri Anak Di Panti Asuhan Catur Dharma Pepabri Pontianak

Wulida Litaqia

Abstract


Latar Belakang : Masa anak merupakan masa pembentukan konsep diri seorang individu. Bila tugas pembentukan diri anak tidak tercapai maka anak akan memiliki perasaan rendah diri, ragu, serta kurang percaya diri sehingga menumbuhkan penyesuaian pribadi dan sosial yang buruk. Faktor pengalaman, kompetensi, dan aktualisasi diri terhadap anak sangat menentukan konsep diri yang berkembang di usia anak. Tujuan : penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran faktor- faktor yang mempengaruhi konsep diri anak di Panti Asuhan Catur Dharma Pepabri Pontianak. Metode : jenis penelitian merupakan penelitian deskriptif dengan desain penelitian cross sectional. Jumlah sampel 35 anak dengan teknik pengambilan total sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan kuesioner pengukuran faktor-faktor yang mempengaruhi dan kuesioner konsep diri anak. Analisis menggunakan uji spearman rank (p Kurang dari 0,05). Hasil : hasil penelitian menunjukkan terdapat hubungan yang signifikan antara faktor pengalaman dengan konsep diri anak (p=0,028) dengan koefisien korelasi 0,372 menandakan korelasi rendah, tidak terdapat hubungan yang signifikan antara faktor kompetensi dan konsep diri anak (p=0,463), dan terdapat hubungan yang signifikan antara faktor aktualisasi diri dengan konsep diri anak (p=0,014) dengan koefisien korelasi 0,411 menandakan tingkat korelasi sedang. Kesimpulan : konsep diri pada anak panti dipengaruhi oleh faktor pengalaman dan  aktualisasi diri. Sedangkan kompetensi tidak memiliki hubungan yang kuat dalam membentuk konsep diri positif pada anak.

Keywords


Anak, Konsep diri, Faktor pengalaman, Faktor kompetensi, Faktor aktualisasi diri

Full Text:

PDF

References


Acocella Calhoun. Psikologi Tentang Penyesuaian Dan Hubungan Kemanusiaan, Terjemah oleh Satmoko, Semarang: IKIP Semarang, 1995

Amaryllia Puspasari. Mengukur Konsep Diri Anak. Jakarta: PT Elex Media Komputindo, 2007

Burns, R. B. Konsep Diri: Teori, Pengukuran, Perkembangan, dan Perilaku. (Alih bahasa: Eddy). Jakarta: Erlangga, 1993

Chaplin, J. P. Kamus Lengkap Psikologi. Jakarta: Raja Grafindo Persada, 2006

Derison Marsinova. B dan Farida Esmianti. Gambaran Konsep Diri Berdasarkan Karakteristik Remaja Panti Asuhan di Kabupaten Rejang Lebong Tahun 2013 [Online], 10 halaman. Tersedia: http://akkes.saptabakti.ac.id/ver3/index.php/ jurnal/43-gambaran-konsep-diri-berdasarkan.html [22 desember 2016]

Dinas Sosial Provinsi Kalimantan Barat. Pontianak: Dinsos, 2017

Hendriati Agustiani. Psikologi Perkembangan: Pendekatan Ekologi Kaitannya dengan Konsep Diri dan Penyesuaian Diri pada Remaja. Bandung: PT Refika Aditama, 2006

Hurlock. Psikologi Perkembangan: suatu pendekatan sepanjang rentang kehidupan. Jakarta: Erlangga, 2006

Iriani Indri Hapsari. Psikologi Perkembangan Anak. Jakarta: Indeks, 2016

Kelana Kusuma Dharma. Metodologi Penelitian Keperawatan. Jakarta: Trans Info Media, 2011

Kharisma Nail Mazaya dan Ratna Supradewi. Konsep Diri dan Kebermaknaan Hidup pada Remaja di Panti Asuhan [Online], vol 6 (2), 8 halaman. Tersedia: http://www.e-jurnal.com/2014/12/konsep-diri-dan-kebermaknaan-hidup-pada.html [22 desember 2016]

Melanie D. Murmanto. Pembentukan Konsep Diri Siswa melalui Pembelajaran Partisipatif (Sebuah Alternatif Pendekatan Pembelajaran di Sekolah Dasar). Jurnal Pendidikan Penabur (No. 08/ Th. VI). Hlm. 66-74, 2007

M. Sopiyudin Dahlan. Statistik untuk Kedokteran dan Kesehatan. Jatinangor: Epidemiologi Indonesia, 2014

Napitulupu, Paimin. Pelayanan Publik dan Customer Statisfaction. Bandung: Alumni, 2007

Papalia, D. E., Old, S. W., dan Feldman, R. D. Human Development (Psikologi Perkembangan). Jakarta: Kencana, 2008

Jalaludin Rakhmat. Psikologi Komunikasi. Bandung: Remaja Rosdakarya, 2008

Santrock, W. J. Adolecent, Perkembangan Remaja. Jakarta: Raja Grafindo Persada, 2002

Stuar dan Sundeen. Buku Saku Keperawatan. Edisi 3. Jakarta: EGC, 2005

Sarlito W. Sarwono. Psikologi Remaja. Jakarta: Raja Grafindo Persada, 2016

Tim Pustaka Familia. Konsep Diri Positif: menentukan Prestasi Anak. Yogjakarta: Kanisius, 2010

Totok Marwoto. (2015, 15 Mei). Mensos: Jumlah Anak Terlantar di Indonesia Mencapai 4,1 Juta [Online], halaman 1. Tersedia: http://www.antarajateng.com. [24 desember 2016]

Yulius Beny Pratowo. Hubungan Antara Konsep Diri dengan Kecemasan Sosial pada Remaja Kelas XI SMA Kristen 2 Surakarta. Surakarta: Universitas Sebelas Maret, 2010

Yunita Jaclyn Isabella. Analisis Pengaruh Labelling Terhadap Konsep Diri pada Tokoh Shinagawa Daichi dalam Drama Yankee-Kun To Megane-Chan. Jakarta: Universitas Bina Nusantara, 2011




DOI: https://doi.org/10.53399/knj.v0i0.97

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Khatulistiwa Nursing Journal

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

PUBLISHED BY:

Institute of Research and Community Service, College of Health Sciences of the Pontianak Islamic Hospital Foundation

ISSN 2655-772X (print), 2798-3897 (online)
Email : knj@ejournalyarsi.ac.id


KNJ Indexed by:

          


Creative Commons License
KNJ (Khatulistiwa Nursing Journal) is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

 

Web Analytics Khatulistiwa Nursing Journal